Febi

Minggu, 15 Februari 2015

MENSTRUASI
Wajar banget kok kalau kita sakit perut dan”bad mood” saat PMS. Sebab pada dasarnya, Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan kombinasi dari perubahan emosi, fsik, psikologi, dan suasana hati yang terjadi setelah ovulasi pada perempuan dan selesai setelah siklus menstruasi berakhir. Biasanya PMS berlangsung selama kurang lebih 7 hari sebelum menstruasi dan bisa berlanjut hingga menstruasi selesai. Biasanya, tanda – tanda kalau kamu sedang PMS adalah lekas marah, depresi, menangis, terlalu sensitif, sedih, serta marah kadang tanpa sebab.
Mengapa begitu? Meskipun penyebab PMS tidak diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli menympulkan bahwa perubahan hormon adalah salahsatu faktor penyebabnya. Faktor lainnya adalah kurangnya konsumsi vitamin dan mineral, terlalu banyak makan – makanan asin yang mengendapkan cairan, srta minuman yang mengandung alkohol dan kafein yang dapat pempengaruhi mood. Lalu apa yang menyebabkan perubahan kadar hormon tersebut? Untuk tahu jawabannya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang siklus menstruasi. Siklus menstruasi berlangsung rata – rata selama 28 hari. Pada usia dewasa berlangsung dalam 21 – 35 hari, sedangkan pada remaja dalam 21 – 45 hari.

Peluruhan darah di dinding rahim tersebut yang menyebabkan kamu merasa sakit perut. Tentu saja nyeri perut ini normal dialami, bahkan pada beberapa perempuan, nyeri ini bisa sangat sakit. Ini dapat menjadi salah satu faktor tambahan mengapa perempuan memiliki suasana hati yang kurang baik saat menstruasi.
Bagaimana agar “mood” tetap baik saat menstruasi datang? Selain konsumsi makanan yang disarankan, kamu bisa latihan secara reguler, mengurangi asupan kafein yang terkandung dalam bermacam minuman, mengurangi rokok, dan mengurangi konsumsi garam sebelum periode mnstruasi. Dukungan dari keluarga dan teman juga sangan disarankan agar perempuan yang sedang PMS merasa nyaman dan tidak tersinggung berlebihan.

Disunting dari : Buku SEPERLIMA “Yang mau kamu tahu tapi tabu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar